Kirim paket mudah dan makin untung dengan SmartSeller Shipping
Pilih kurir favoritmu suka-suka dan dapatkan Diskon Ongkir tanpa minimal pengiriman! Tetap tenang dirumah tidak perlu ke agen karena kurir akan menjemput paketmu dirumah atau gudang
Dukungan Expedisi
Keuntungan apa saja akan kamu dapatkan?
Dapat Diskon Ongkir sampai dengan 30%
Makin untung dengan Diskon Ongkir pengiriman tanpa minimal kirim
Paket dijemput di rumah atau gudangmu
Kirim paket lebih praktis karena kurir akan melakukan pickup paket di rumah atau gudangmu
COD (Cash on Delivery) cair H+1
Tingkatkan penjualan hingga 200% dengan pembayaran COD dengan pencairan cepat
Monitor pengiriman dengan mudah dan auto update
Lihat semua pengiriman di satu dashboard yang informatif. Pengiriman COD aman dan lebih menguntungkan dengan Return rendah.
Notifikasi nomor resi untuk customer
Mudahkan customer untuk melacak pengiriman orderannya dengan notifikasi SMS atau WhatsApp
Cetak label pengiriman otomatis
Mudah cetak label pengiriman dengan nomor resi yang sudah didapatkan otomatis
Pilih ekspedisi favoritmu,
dapatkan Diskon Ongkir terbaik!
Kami bekerjasama dengan ekspedisi terbaik di Indonesia dengan success delivery rate yang tinggi dan menawarkan Diskon Ongkir pengiriman terbaik
Diskon Ongkir | Up to 20% | Up to 30% | Up to 30% | Up to 20% | Up to 30% |
Service | REG, YES | Regular | Regular, SiUNT, Best, Gokil | Regular | Standar, IDLite |
Bisa COD | |||||
Return Fee | FREE | 50% Ongkir | FREE | 50% ongkir | 50% ongkir |
Additional Fee | COD Fee 2,5%, VAT 1,1% | COD Fee 3% | COD Fee 2,5% | COD Fee 2,5%, COD Tax 1%, VAT 1,1% | COD Fee 2,5%, COD Tax 10% dari Cod fee, VAT 1,1% |
4 langkah mudah pakai SmartSeller Shipping
Aktifkan kurir favorit kamu dan atur alamat pickup
Tandai orderan yang sudah dipacking dan siap kirim, cetak & tempel label, dan klik permintaan pickup
Kurir akan datang mengambil paket dan status pengiriman akan terupdate otomatis, disini kamu tidak perlu bayar ongkir
Pembayaran ongkir menggunakan Orderpay dan jika pakai COD akan cair H+1 setelah paket diterima
FAQ
Apa itu SmartSeller Shipping?
SmartSeller Shipping adalah layanan pengiriman dari SmartSeller yang bekerjasama dengan berbagai ekspedisi di Indonesia yang memungkinkan kamu kirim paket dengan mudah dengan berbagai keuntungan: pilihan pembayaran COD untuk customer, pilihan pickup (jemput paket ke rumah) dan drop off (drop ke gerai / agen terdekat), dan cashback ongkir terbaik.
Saya sudah langganan dengan ekspedisi tertentu dan sudah terdaftar di aplikasi milik ekspedisi dan mendapatkan harga khusus. Bisakah layanan tersebut digabungkan dengan SmartSeller Shipping?
Tidak bisa. Karena untuk sistem di aplikasi ekspedisi dan SmartSeller Shipping adalah 2 sistem yang berbeda. Jika ingin menggunakan SmartSeller Shipping maka harus menggunakan aplikasi SmartSeller untuk mengelola pengiriman, mulai dari membuat order, meminta pickup, pembayaran ongkir hingga pencairan COD.
Apakah ada jumlah minimal paket, jika ingin menggunakan layanan SmartSeller Shipping?
Tidak ada minimal jumlah paket.
Untuk paket yang di drop off, apakah bisa di agen mana saja?
Paket bisa di drop di seluruh agen ekspedisi di Indonesia.
Jika ada perbedaan berat antara label dan di aktual setelah ditimbang oleh pihak ekspedisi, apa yang harus saya lakukan?
Jika terdapat selisih ongkir karena perbedaan berat, maka akan ditanggung oleh seller dan nantinya akan dibuatkan invoice terpisah oleh tim Shipping kami.
Saya sudah aktifkan SmartSeller Shipping di menu Addon, mengapa belum bisa digunakan?
Setelah melakukan request aktivasi, kami perlu verifikasi dulu terkait alamat pickup apakah sudah lengkap dan available atau belum. Jika sudah sesuai maka akan segera kami aktifkan dan layanan SmartSeller Shipping sudah bisa digunakan.
Layanan SmartSeller Shipping di akun saya sudah aktif, namun terdapat keterangan Supported dan Not Supported di beberapa alamat gudang saya. Apa artinya?
- Supported: alamat gudang / asal pengiriman Anda terjangkau layanan pickup dari ekspedisi tersebut.
- Not Supported: alamat gudang / asal pengiriman Anda, tidak atau belum terjangkau layanan pickup dari ekspedisi tersebut.
Saya sudah melakukan pickup request, namun belum ada kurir yang menghubungi sehingga paket belum juga di-pickup. Kenapa ya?
- Kemungkinan permintaan pickup dilakukan diluar jam kerja layanan pickup, karena tiap ekspedisi memiliki cut off time yang berbeda-beda.
- Jika request pickup sudah dilakukan di jam kerja layanan pickup namun paket belum kunjung di-pickup, silakan hubungi SmartSeller Customer Support melalui live chat di aplikasi atau kirim email ke halo@smartseller.co.id
Saya sudah request pickup dan mendapatkan nomor resi. Paket juga sudah di pickup. Namun kenapa nomor resi tidak dapat di track ya?
Update resi dilakukan oleh sistem dari masing-masing ekspedisi, dimana beberapa ekspedisi perlu ada delay waktu dari generate AWB hingga dapat di-track. Jika resi masih belum bisa di track, kemungkinan resi masih dalam proses update oleh sistem ekspedisi, silahkan menunggu beberapa saat.
Gudang / asal pengiriman saya pindah lokasi. Apa yang harus saya lakukan, agar lokasi pickup saya juga berubah di SmartSeller?
Anda bisa edit alamat gudang / asal pengiriman, dengan cara ke menu Setting > Asal Pengiriman > klik icon pensil untuk edit alamat > simpan perubahan. Silakan hubungi tim Shipping SmartSeller, mengenai konfirmasi perubahan alamatnya.
Apakah metode pembayaran SmartSeller Shipping bisa Cash On Delivery?
Iya, bisa. Saat ini SmartSeller Shipping mendukung pembayaran COD untuk ekspedisi berikut: JNE, SiCepat, SAP, IDExpress, dan J-Express
Apakah pembayaran dengan COD terjangkau ke seluruh wilayah di Indonesia?
Secara umum belum, jangkauan pengiriman dengan sistem pembayaran COD berbeda-beda setiap ekspedisi, yang ditentukan sesuai dengan kebijakan masing-masing ekspedisi.
Untuk pembayaran dengan COD, apakah bisa jika biaya COD ditanggung oleh customer?
Bisa. Anda bisa mengaturnya melalui menu Addons > Cash On Delivery > aktifkan toggle Bebankan COD Fee dan COD Tax kepada pelanggan > simpan pengaturan.
Jika di web atau info resmi pihak ekspedisi alamat asal dan tujuan tercover layanan COD, namun ketika datanya saya inputkan di SmartSeller tidak terdapat layanan COD. Apa yang harus saya lakukan?
Silakan hubungi SmartSeller Customer Support di live chat dari aplikasi atau kirimkan email ke halo@smartseller.co.id, agar dapat kami cek dahulu rute pengirimannya.
Saya ada orderan dengan metode pembayaran COD di salah satu marketplace. Bisakah jika orderannya di input di SmartSeller dan request pickup nya melalui SmartSeller?
Tidak bisa. SmartSeller memiliki AWB khusus yang berbeda dengan marketplace. Jadi, orderan yang bisa menggunakan SmartSeller Shipping adalah orderan non-marketplace saja.
Untuk pencarian dana COD, akan ditransfer kemana ya?
Ketika hari rekonsiliasi, tim kami juga akan konfirmasi ke Anda mengenai nomor rekening mana yang akan di transfer pencairan dana COD.
Kapan dana COD saya akan dicarikan?
Sebelum dilakukan pencairan dana COD, akan dilakukan rekonsiliasi terlebih dahulu. Nantinya akan ada tim Shipping kami yang menghubungi melalui Whatsapp. Pencairan dana COD akan dilakukan seminggu 2x setiap hari Senin dan Kamis.
Untuk Diskon Ongkir COD berupa pencairan dana atau pemotongan tagihan ongkir?
Diskon Ongkir COD berupa potongan ongkir, ketika tim kami mengirimkan invoice penagihan ongkir.
Kapan invoice penagihan ongkir dikirimkan?
Invoice penagihan ongkir akan dikirimkan seminggu sekali pada hari Senin.
Pakai SmartSeller Shipping dan dapatkan Diskon Ongkir sampai dengan 25%!
SmartSeller Shipping, Solusi Mudah Kelola Pengiriman Paket
Kini kamu tidak perlu repot untuk datang ke tempat kurir pengiriman untuk mengirim paket jualan online-mu. Pakai fitur SmartSeller Shipping, kamu hanya tinggal duduk manis di rumah menunggu kurir ekspedisi favoritmu untuk pick-up paketmu.
Seiring dengan banyaknya orderan yang kamu punya, pengiriman paket bisa jadi hal yang melelahkan. Apalagi kalau kamu masih mengandalkan sumber daya manusia yang terbatas atau menjalankan bisnis online-mu seorang diri aja. Mengirim paket dengan datang langsung ke tempat agen kurir akan memakan waktu.
Padahal, waktu tersebut bisa kamu manfaatkan untuk urusan dalam bisnsimu yang lain. Kalau ada cara yang dapat mempermudah urusan pengiriman paketmu yang membludak, kenapa tidak mencobanya?
SmartSeller hadir dengan fitur Shipping Management yang dapat membantu pekerjaan kirim-mengirim paket jadi lebih mudah dan menguntungkan!